Beranda Headline Puasa Enggak Jadi Halangan Bagi UKM

Puasa Enggak Jadi Halangan Bagi UKM

BERBAGI
loading...

JAKARTA – Jika saat Ramadan enggak ada jadwal libur perkuliahan, hal serupa biasanya juga terjadi pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Mungkin saking hobi-nya, mahasiswa kadang lebih memilih tetap masuk UKM dari pada masuk kuliah, betul ‘kan?
Seperti salah satu UKM di Universitas Indonesia (UI), yakni UKM Marching Band. Nivieza Iqriyana, salah satu mahasiswi yang mengikuti kegitan tersebut, mengaku UKM tersebut tidak meliburkan mahasiswanya.

“Kami enggak ada libur, masih tetap latihan seperti biasa, hanya intensitasnya saja yang sedikit menyesuaikan,” Kata Nivieza saat dihubungi okezone, Selasa (2/8/2011).

UKM yang dikenal dengan nama Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI) ini, menurut Nivieza, tidak meliburkan pesertanya lantaran menyiapkan program untuk pentas saat Parade Senja pada 17 Agustus mendatang.

“Selain itu kami juga tengah menyiapkan untuk mengikuti lomba Marching Band di Thailand. Jam latihan menyesuaikan kondisi pemain, kalau saat puasa seperti ini kami latihan mulai pukul satu hingga 17.00 WIB sebelum berbuka puasa,” ujar mahasiswi jurusan sastra jepang yang akrab dipanggil dengan sebutan Pija.

Meski demikian, Pija mengaku tidak mengalami halangan saat melakukan UKM, “Malah aku dan teman-teman di sini sangat menikmati latihan, soalnya jadi lupa sama puasanya. Memang kadang terasa haus karena aku harus meniup euphonium,” lanjutnya.

Bagi Pija dan teman-temannya, puasa bukanlah halangan untuk melakukan kegiatan UKM, “Pada dasarnya karena kita hobi, dan bisa kumpul dengan teman-teman, serta fokus pada kegiatan jadi puasanya enggak terasa,” kata Pija sambil terkekeh.

Jadi jika kamu salah seorang mahasiswa yang aktif di UKM, ada baiknya tidak meliburkan diri dari kegiatanmu, karena kamu bisa tetap puasa sambil bersenang-senang. (Okezone.com)