Beranda Headline Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bagi Mereka Pegiat Organisasi

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bagi Mereka Pegiat Organisasi

BERBAGI

Keumala Fadhiela | DETaK

kesaktian-pancasila
(Foto: istimewa)

Darussalam – Peringatan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh hari ini, Selasa (1/10/2013) memberi kesan tersendiri bagi mereka yang notabene aktif di organisasi mahasiswa. Iqbal misalnya, lelaki yang merupakan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik ini menganggap bahwa sebagai pemuda, harusnya bisa berkontribusi dan mengamalkan isi pancasila. “Pancasila merupakan landasan kita, maka perlu kita pahami dengan baik. Mencetus Pancasila itu susah, di dalam Pancasila itu ada unsur yang menyatukan Indonesia,” ujarnya.

Tidak hanya Iqbal, ketua BEM dari Fakultas Pertanian, Reza Fahlevi, juga memiliki pemikiran sendiri menanggapi hari Kesaktian Pancasila. “Hari Kesaktian Pancasila ini memang patut kita peringati karena mengingat memuat nilai-nilai luhur dan dasar karekter yang dimiliki pendahulu. Dengan memperingati moment ini, mahasiswa tidak terjurumus dalam hal-hal yang dapat menggangu keharmonisan dalam masyarakat. Seperti pergaulan bebas, tindakan kriminal dan lain-lain,” terangnya.

Reza juga menambahkan bahwa hendaknya mahasiswa dapat belajar banyak dengan memperingati hari Kesaktian Pancasila. Mahasiswa seharusnya dapat mencerminkan sikap karakter positif dalam kesehariannya dan memiliki semangat dan jiwa nasionalisme yang tinggi demi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Memperingati hari Kesaktian Pancasila berarti kembali mengingat perjuangan pendahulu demi terciptanya landasan negara, Pancasila. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika sejarah dan semangat perjuangan itu hilang seiring waktu. Menjadi tugas pemuda untuk terus bisa memperbaiki negara dengan landasan Pancasila,” tutupnya.[]