Beranda Headline ETD Unsyaih Pecahkan Rekor Pengunjung Terbanyak di Bulan Maret 2017

ETD Unsyaih Pecahkan Rekor Pengunjung Terbanyak di Bulan Maret 2017

BERBAGI
Grafik jumlah pengunjung situs ETD Unsyiah (Sumber: Ist.)

 

Zikrina Munawarah | DETaK

Darussalam– Sebanyak 402.286 pengunjung Electronic Thesis and Dissertations (ETD) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pecahkan rekor pengunjung terbanyak di situs etd.unsyiah.ac.id pada bulan maret 2017, hal ini terlihat dalam postingan akun media sosial instagram UPT. Perpustakaan Unsyiah terbaru, Jumat, 31 maret 2017.

Taufiq Abdul Gani selaku kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah menerangkan bahwa angka ini merupakan angka pengunjung situs ETD Unsyiah terbanyak dalam tahun 2017.

“Kita bisa melihat bahwa viewers ETD unsyiah ini mencapai angka sekitar 15.000 pengunjung perhari, yang mana kita mengeceknya pada pageview www.alexa.com.  ETD Unsyiah juga merupakan situs yang paling banyak dikunjungi diantara situs lainnya di Unsyiah. Bahkan bulan ini memecahkan rekor mencapai 400.000 lebih viewers,” terangnya.

Sebelumnya, Taufik menjelaskan bahwa jumlah pengunjung situs etd.unsyiah.ac.id sempat mengalami penurunan yang membuat jumlah pengunjungnya hanya berkisar diangka 10.000 perhari. Menurutnya, hal itu terjadi karena alasan libur akhir semester dan metode pencarian situs laman yang tidak menyediakan informasi yang beragam.

Sedangkan menurut Muhammad Jerry Permana, staff pengembangan sistem informasi upt. perpustakaan Unsyiah, penurunan jumlah pengunjung laman situs website ETD Unsyiah pada bulan Desember lalu dipengaruhi oleh faktor hambatan dari server ETD Unsyiah.

“Bulan Desember, kami mengalami kendala dengan server ETD, perpustakaan Unsyiah memiliki server sendiri dimana etd.unsyiah.ac.id menyimpan seluruh data. Server down selama satu hari dimana orang tidak bisa mengakses etd.unsyiah.ac.id, kami coba menganalisa dan memperbaiki kenapa jumlah views ETD kami bisa turun drastis, dan Alhamdulillah semenjak tanggal 21 jumlah view kami mulai naik dan normal kembali,” terang Jerry.

Melihat perkembangan dan kelengkapan situs ETD Unsyiah saat ini, Taufiq sangat menyayangkan bila fasilitas yang sudah disediakan perpustakaan Unsyiah tidak dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Untuk mendapat informasi seputar cara mengakses ETD bisa dengan mengikuti kelas literasi informasi di perpustakaan. Kami terus mencoba menyediakan kemudahan akses bagi seluruh mahasiswa. Oleh sebab itulah, seharusnya mahasiswa menggunakan fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan dengan baik”, ucapnya.[]

Editor: Maisyarah Rita