Beranda Headline Pemira 2019 Terindikasi Curang, Belum Ada Kejelasan Pemilihan Ulang

Pemira 2019 Terindikasi Curang, Belum Ada Kejelasan Pemilihan Ulang

BERBAGI
Ilustrasi pemira Unsyiah 2019. (Arie Mawardi/DETaK. 17/12/2019)

Missanur Refasesa | DETaK

Darussalam- Lebih dari sepekan setelah pemilihan raya Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dilangsungkan namun mahasiswa Unsyiah masih belum mengetahui hasil perolehan suara yang dihimpun oleh Komisi Pemilihan Raya (KPR). Hal itu disinyalir karena adanya dugaan kecurangan yang terjadi di Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) saat pemilihan berlangsung pada Selasa, 17 Desember 2019.

Dugaan tersebut dibuktikan dengan diterimanya gugatan yang dilayangkan tim pemenangan 02 saat sidang gugatan berlangsung pada hari Jumat, 20 Desember 2019 di ruang kaca gelanggang.

“Kami sudah kasih surat gugatan ke KPR,” ungkap Zulfahmi, salah satu anggota tim pemenangan pasangan calon nomor 2 yang juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unsyiah 2019.

Sementara itu KPR belum bisa memastikan langkah apa yang diambil oleh pihak rektorat setelah sidang gugatan dilakukan, padahal menurut ketua KPR Unsyiah 2019, Rayfandi, keputusan itu adalah hak mereka juga.

“Belum ada kepastian dari Wakil rektor,” ungkap Rayfandi pada tim detak-unsyiah saat ditanyai kapan pemilihan ulang dilakukan.

Ada 10 poin gugatan dugaan pelanggaran yang dilaporkan tim pemenangan pasangan calon Muhammad Ridha dan Teuku Maulana Affandi kepada pihak KPR.

“Tunggu keputusan dari rektorat apakah dilakukan perhitungan ulang atau pemilihan ulang,” ujar Rayfandi.

Meski gugatan diterima namun hingga saat ini belum ada keputusan apakah pemilihan ulang akan dilangsungkan atau tidak. Ia mengatakan kemungkinan hasil rapat senat akan dikeluarkan pada hari Jumat atau Senin mendatang. [*]

Editor : Dhea Ameliana