Beranda Headline Pemenang Blogger Competition Unsyiah Library Fiesta 2017

Pemenang Blogger Competition Unsyiah Library Fiesta 2017

BERBAGI
Hasil Pengunuman Unsyiah Library Fiesta. 23 April 2017 (DETaK)

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh – Blog Competition merupakan salah satu perlombaan yang diadakan dalam acara Unsyiah Library Fiesta 2017, dengan mengusung tema “More Than Just a Library”. Pendaftaran blog competition ini dibuka sejak tanggal 21 Maret hingga 10 April 2017 sebanyak 99 jumlah tulisan karya yang masuk.

Kini panitia telah menetapkan tiga pemenang setelah melewati masa penilaian oleh tim juri dari tanggal 11 hingga 19 April 2017 lalu. Ketiga juri tersebut di antaranya adalah Khairunnisa, seorang penulis yang baru saja menerbitkan buku terbarunya yang berjudul “Menata Kala”. Juri kedua adalah Aulia Fitri, salah satu komunitas blogger dan komunitas I Love Aceh (ILA). Selanjutnya juri ketiga berasal dari Biro Humas Unsyiah yang memiliki skill web dan blog, yaitu Ferhat.

Setiap juri diberikan formulir penilaian yang disediakan oleh panitia, agar penilaian bisa lebih objektif dan transparan. Penilaian ditentukan dari tiga poin penting yang diantaranya kesesuaian tema, kualitas penulisan, dan kreatifitas konten yang mencakup isi dari blog mulai dari tulisan, tema, gambar, video dan lainnya.

Setelah masing-masing juri mengembalikan data penilaian kepada panitia, maka tugas panitia merekap semua data nilai untuk menetapkan pemenang. Juara satu diraih oleh Link Yulyanti, Bandung (http://www.bundanameera.com/2017/04/cari-perpustakaan-ideal-ingat-unsyiajuara), juara dua oleh Yesi Hendriani S., Bogor (http://www.yesisupartoyo.com/2017/03/pustaka-unsyiah-jantung-hati-pemompa.html) dan juara tiga oleh Purwoko, Yogyakarta (http://www.purwo.co/2017/03/perpustakaan-unsyiah-model-ideal.html).

“Karena tentunya setiap juri memiliki juaranya masing-masing, maka tiga juara setiap juri kami bandingkan dan kami bagikan nilai rata-ratanya, kemudian akhirnya didapatilah hasil pemenangnya,” papar Muhamad Irhas, selaku Penanggug Jawab Blog Competition, Minggu, 23 April 2017.

Berbeda dengan tahun lalu, peserta blogger kali ini lebih antusias. Hal ini terbukti dengan banyaknya pendaftar yang tersebar dari beberapa kota yang ada di Indonesia. Padahal hasil karya dan ketentuan penulisannya harus mengenai Perpustakaan Unsyiah yang ada di Banda Aceh, namun di luar ekspektasi para pesertanya lebih banyak dari luar Aceh, dengan perbandingan 45 peserta dari Aceh dan 54 peserta dari kota luar Aceh.

Kota-kota tersebut yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Depok, Jambi, Medan, Makasar, Banyuwangi, Sragen, Tanggerang, Gresik, Padang, Sidoarjo, Banten, Banjarnegara, Riau, Magelang, Semarang, Karawachi, Jember, Bekasi, Situbondo, Lampung, Banyuasin, dan Denpasar. Nama-nama peserta dan alamat web tulisan yang diikutsertakan dalam lomba blogger Unsyiah Library Fiesta 2017 dapat dilihat di library.unsyiah.ac.id

Selain itu rangkaian lomba lainnya sudah dilaksanakan sebelum dan saat acara Unsyiah Library Fiesta berlangsung sejak tanggal 25 hingga 27 April, diantaranya lomba fotografi, videografi, akustik dan boomerang contest.

“Pemenang lomba yang sudah berjalan akan diumumkan pada pembukaan EXPO 25 April, sementara persembahan Mahakarya Unsyiah Library Fiesta adalah malam puncak acara dan menutup agenda tahunan perpustakaan yang kedua ini,” papar Oza Akmal Maulana, selaku ketua panitia.

Dikatakan, 28 April merupakan malam  puncak acara sekaligus penobatan Duta Baca Unsyiah 2017 yang dilaksanakan di gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

“Gratis dan terbuka untuk umum, berbagai penampilan menarik akan memanjakan peserta dari persembahan talent yang dipersiapkan panitia,” tutupnya.[]

Editor: Mutia Dara Authari

Comments

comments