Beranda Headline Marwan: PKM Cerminkan Kualitas Kemahasiswaan

Marwan: PKM Cerminkan Kualitas Kemahasiswaan

BERBAGI
Seminar Workshop Penulisan PKM. (Ist.)

Dwi Permata Astria Z [AM] | DETaK

Darussalam- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)  menggelar Seminar Workshop Kepenulisan di Aula FMIPA Unayiah, Minggu, 15 Oktober 2017.

Seminar yang bertajuk “Workshop Penulisan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)” ini diikuti oleh 300 mahasiswa yang terdiri dari berbagai Fakultas di Unsyiah. Acara tersebut menghadirkan tiga pembicara diantaranya: Marwan selaku Ketua PKM Center Unsyiah, Miftahuddin selaku Pembimbing PKM Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) dari Fakultas MIPA, dan Irla Hanum sebagai peraih Hibah Pimnas Dikti 2015.

Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) adalah sebuah wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia dalam mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dipelajari selama duduk di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas.

Menurut pemaparan Ketua PKM Center Unsyiah Marwan, menyatakan bahwa indikator yang mencerminkan kualitas kemahasiswaan sampai saat  ini tidak mengalami perubahan, yaitu prestasi mahasiswa. Bersamaan dengan indikator tersebut, salah satu kategori prestasi ditunjukan adalah tingginya antusias mahasiswa Unsyiah dalam kontribusi pengiriman proposal yang masuk untuk diseleksi dan disetujui.

“Dari 47 proposal yang disetujui, 21 diantarnya adalah proposal dari teknik Geofisika,”  tambah Marwan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Wio Pradana Putra selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa tujuan dari diadakannya seminar ini ialah karena banyaknya tuntutan proposal dan ketidaktahuan mahasiswa dalam menulis proposal sesuai dengan sistematika penulisan yang seharusnya, sehingga mengakibatkan proposal tersebut tidak disetujui.

Selaras dengan tujuan tersebut, Irla Hanum selaku Peraih Hibah Dikti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasionsal (PIMNAS) 2015 memberikan tips lolos pendanaan DIKTI seperti meng-update informasi untuk proposal dengan membaca bahan yang sesuai bidang, membuat tema dan judul  penelitian yang menarik, berkolaborasi dengan fakultas lain, merancang dana dengan realistis, dan memulai pendekatan dengan senior yang pernah lulus PKM.

Semakin dekatnya kompetisi PKM 5 Bidang Nasiaonal tentunya tips-tips ini sangat berguna bagi mahasiswa. Irla juga memaparkan sejumlah tips penulisan untuk lolos

“Tips untuk lolos Pimnas itu yang penting gak perlu cemas jika dana belum cair karena bakalan cair bertahap, lebih baik fokus merencanain agenda agar semua clear, jangan remehkan form penilaian di buku panduan, sering-sering diskusi dengan anggota tim, pertahankan kesolidan tim, kalau bisa pas monev itu pakai pakaian yang samaan biar kompak, sering-sering latihan presentasi juga biar gak grogi, dan tentunya doa,” tutup Irla. []

Editor: Maisyarah Rita

Comments

comments