Beranda Headline Mari Mengakses Koleksi Jurnal Online Unsyiah!

Mari Mengakses Koleksi Jurnal Online Unsyiah!

BERBAGI

Sayed Jamaluddin | DETaK

Darussalam – Mungkin tidak banyak mahasiswa yang tahu, jika perpustakaan Unsyiah sudah memilki berbagai koleksi langganan situs rujukan jurnal online dan e-book lainnya. Seperti EBSCO, proques, chengage serta yang terbaru springerlink dan ebrary.

Situs-situs online tersebut bisa diakses oleh semua mahasiswa dan dosen sebagai referensi untuk membuat jurnal ilmiah dan panduan untuk melakukan penelitian. Mulai dari jurnal untuk diploma III, strata satu, sampai strata tiga juga tersedia di sini.

“Saat ini masih (menggunakan) trial satu bulan, kita belum kontrak  karena dana BOPT belum cair. Pak rektor udah commit, jika dana BOPT cair kita akan kontrak selama satu tahun,” ucap Taufik Abdul Gani, Kepala Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Unsyiah.

Namun, untuk e-jurnal lainnya, yakni EBSCO, chengage, dan proques, Unsyiah sudah mengikat kontrak selama satu tahun. “Itu sudah (langgannan) satu tahun karena kita dibiayai Dikti, sudah kontrak dari Mei lalu,” ujar Taufik.

Taufik berharap, fasilitas tersebut dapat digunakan oleh semua mahasiswa Unsyiah. “Bayangkan jika fasilitas ini tidak dimanfaatkan oleh mahasiswa, rugi kan uang negara,” ujarnya.

Ia mengaku, masih sangat sedikit mahasiswa dan dosen yang menggunakan fasilitas itu untuk keperluan penelitian atau keperluan lainnya.  “Sialnya kalau mahasiswa tidak tahu bahwa (fasilitas) itu ada di Unsyiah, itulah peran kami dan juga kalian sebagai pers untuk menginformasikan bahwa di Unsyiah saat ini juga sudah bisa (akses jurnal online),” ucapnya.

Ini merupakan bentuk awal untuk menjadikan Unsyiah sebagai universitas riset. “Unsyiah kan mau jadi research university  (universitas riset). Research harus up to date referensi yang kita gunakan. Nah kita harus punya referensi jurnal internasional,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, untuk saat ini, selain perpustakaan Unsyiah, Fakultas Kedokteran juga sudah memiliki dua data base online sendiri, medline dan denstry.

Medline tersebut memberikan informasi seputar medis otoritatif di kedokteran, keperawatan, kedokteran gigi, kedokteran hewan, sistem perawatan kesehatan, dan pra-klinis ilmu juga ada di medline. Ditambah lagi dengan database yang menyediakan teks lengkap untuk lebih dari 1.470 jurnal.

“Walaupun dikontrak oleh FK, namun boleh diakses oleh semua civitas akademik Unsyiah untuk penelitian,” ujar Taufik.[]