Beranda Headline Maling Bobol Rumah di Siang Hari, Polisi Tingkatkan Kemanan

Maling Bobol Rumah di Siang Hari, Polisi Tingkatkan Kemanan

BERBAGI
Sebuah rumah di desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala dibobol maling. (Foto: M. Fajarli Iqbal/DETaK)

M. Fajarli Iqbal | DETaK

Banda Aceh – Maraknya pencurian akhir-akhir ini membuat resah warga yang tinggal di seputar Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh seperti Darussalam, Rukoh dan beberapa desa lainnya yang berada dekat dengan kawasan kampus.

Data yang dimiliki detak-unsyiah.com, telah terjadi beberapa pencurian dengan cara membobol rumah baik di siang hari maupun di malam hari. Barang yang dicuri pun beragam namun, yang sering menjadi target adalah laptop, ponsel genggam dan sepeda motor.

Kapolsek Syiah Kuala, AKP Yusuf Hariadi yang saat dihubungi, Jumat 18 Maret 2016 membenarkan bahwa ada beberapa kasus pencurian yang terjadi dalam kurun waktu dekat ini.

“Ada beberapa kasus yang terjadi baru-baru ini. Anggota kita sedang di lapangan untuk mengecek selain memang ada patroli rutin dari kita,” katanya melalui sambungan telepon.

Yusuf juga mengatakan bahwa kawasan Rukoh, Kopelma Darussalam dan beberapa tempat yang berdekatan dengak kampus Unsyiah maupun UIN Ar-raniry memang marak terjadi pencurian. Salah satu yang menjadi target utama menurut Yusuf adalah laptop dan sepeda motor.

“Kita tak fokus di desa Rukoh saja tapi juga di beberapa tempat yang memang dekat dengan kampus,” kata dia.

Menurut dia ini adalah jaringan penjarah baru yang baru beraksi. Sedangkan untuk kasus sebelumnya sudah ada beberapa komplotan yang berhasil ditangkap dan diamankan oleh Polsek Syiah Kuala. Yusuf berjanji akan mencari dan menangkap para pelaku tersebut dan kembali memberi rasa aman di bawah teritorial Polsek Syiah Kuala.

“Ini sepertinya jaringan baru, karena yang sebelumnya sudah kita amankan. Kita minta juga kerjasama warga untuk hal yang seperti ini,” ujarnyanya.

Ia juga menghimbau warga yang tinggal di kawasan Kecamatan Syiah Kuala untuk lebih berhati-hati. Ia berharap rumah yang kosong tidak ditinggali barang yang kemungkinan dicuri dan bernilai.

“Laptop dan sepeda motor dijaga dengan baik. Jika rumah kosong barang berhaga sebaiknya juga dibawa serta,” ucap Yusuf.

Sebelumnya pada Kamis, 17 Maret 2016 sebuah rumah dibobol maling dengan cara merusak papan dinding rumah. Pelaku berhasil menggondol satu unit laptop milik Nailul Fahmi yang tercatat sebagai mahasiswa aktif Fakultas Hukum Unsyiah.

“Saya ditelpon untuk segera pulang karena abang saya menemukan rumah sudah dirusak, saat saya sampai di rumah ternyata laptop saya sudah tidak ada,” kata Nailul.[]

Editor: Cut Meliana

Comments

comments