Beranda Headline Mahasiswa Unsyiah Buat Aplikasi “Tanya Bapak Rematik”

Mahasiswa Unsyiah Buat Aplikasi “Tanya Bapak Rematik”

BERBAGI

Murti Ali Lingga | DETaK

Pengembang aplikasi Ask. Mr. Rematik. (Kiri ke kanan) Abbas Adam Az-Zuhri mahasiswa Informatika FMIPA, Ahmad Husnul Huluq mahasiswa Kedoktean (FK), dan Nindy Aprilla Putri dari Kedokteran (FK). (Sumber: www.bemfkunsyiah.com).

Darussalam – Mahasiswa Unsyiah yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC), membuat sebuah aplikasi tentang rematik bernama Ask Mr. Rematik (Tanya Bapak Rematik-red). Aplikasi ini menggabungkan ilmu kesehatan dan teknologi.

Ahmad Husnul Huluq, ketua tim program PKM-KC ini mengatakan, “Ask Mr. Rematik” merupakan aplikasi berbasis smartphone yang berisi tentang penyakit rematik. “Isi aplikasi ini semua tentang rematik. Di dalamnya mengulas tentang penyakit rematik, mulai dari mitos, pengobatan herbal, maupun terapi. Pokoknya lengkap,” kata Ahmad Husnul Haluq, kepada, Selasa, 9 Juni 2015.

Aplikasi ini lahir sebagai sebuah inovasi yang menjawab tantangan di era yang serba canggih. Smartphone bukan hanya sekedar untuk bermain game, selfie atau lainnya.

Ide ini muncul, sebut Ahmad Husnul Huluq, ketika sedang manggunakan hanphone.”Jadi mikir aplikasi apa sih yang menggabungkan ilmu keshatan dan teknologi. Karena saya rasa belum ada, makanya membuat aplikasi ini,” ungkap laki-laki kelahiran Blitar ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada 3 tujuan pembuatan aplikasi ini. Pertama, untuk memberikan pengetahuan tantang penyakit rematik kepada masyarakat. Kedua, ingin menurunkan angka penderita penyakit rematik. Ketiga, sebagai media penyuluhan tentang penyakit rematik. Disamping itu tujuan pembuatan aplikasi ini merapukan syarat untuk mengikuti PKM-KC yang diadakan oleh Pendidikan TinggI (Dikti).

Ia berharap, aplikasi yang sudah dibuat ini segera mendapatkan hak paten dan bisa masuk ke play store supaya semua orang bisa menggunduh dan menggunakannya.

Tim PKM-KC yang membuat aplikasi “Ask Mr. Rematik” ini terdiri dari Abbas Adam Az-Zuhri, mahasiswa Informatika FMIPA, Ahmad Husnul Huluq, mahasiswa Kedokteran (FK), dan Nindy Aprilla Putri mahasiswi Kedokteran (FK).[]

Editor: Riska Iwantoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here