Beranda Headline Mahasiswa KKN Tematik ENJ turut Sukseskan Program PISPK Simeulue Timur

Mahasiswa KKN Tematik ENJ turut Sukseskan Program PISPK Simeulue Timur

BERBAGI
Foto Mahasiswa KKN ENJ Unsyiah dengan Perangkat Desa Air Dingin. (Ist.)

Siaran Pers

Sinabang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) 2018 bekerjasama dengan Tim Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) Puskesmas Simeulue Timur melaksanakan program Homevisit dalam rangka pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan Indikator Keluarga Sehat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2018 yang lalu dan merupakan salah satu dari beberapa rangkaian program pegabdian Mahasiswa Kelompok 10 KKN Tematik ENJ 2018.

Program Homevisit ini merupakan program unggulan dari Kelompok 10 KKN Tematik ENJ 2018 yang ditugaskan di Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue. Hal ini disebabkan pihak Puskesmas Simeulue Timur memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk masuk dan terjun langsung ke masyarakat bersama Tim PISPK.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau PISPK itu sendiri merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

KKN Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya sendiri merupakan kerjasama antara Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia dengan Universitas Syiah Kuala. Di awali sejak tanggal 13 Juli 2018 hingga 6 Agustus 2018, kegiatan KKN Tematik ENJ 2018 di Kecamatan Simeulue Timur, khususnya Desa Air Dingin tidak hanya berfokus pada aspek kesehatan. Program di bidang lain yang dirasa dapat meningkatkan sumber daya masyarakat juga turut dilaksanakan, seperti pengenalan pertambangan dan perminyakan, pelatihan pembuatan web, dan beberapa penyuluhan di tingkat sekolah.[]

Editor: Novita Sary Saputri