Beranda Headline Mahasiswa dan Siswa Se-Aceh ikuti Aceh’s Young Voter Education

Mahasiswa dan Siswa Se-Aceh ikuti Aceh’s Young Voter Education

BERBAGI
loading...

Ferdian A Majni | DETaK

Banda Aceh – Sejumlah mahasiswa dan siswa se-Aceh mengikuti acara Aceh Youth Voter Education yang digelar oleh pemerintah mahasiswa (Pema) Unsyiah dan dibuka langsung oleh Pj Gubenur Aceh Tarmizi A. Karim di Gedung Rumoh PMI Banda Aceh, Jumat 9 Maret 2012.

Ketua panitia, Rizki, Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan mensosialisasikan tentang pemilukada bagi sejumlah pemilih pemula dari kalangan mahasiswa dan siswa seluruh kabupaten/kota di Aceh dengan total 115 peserta. “Kegiatan ini diikuti oleh 70% siswa dan 30% mahasiswa dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh,” ujar Rizki.

loading...

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 9 sampai tanggal 11 Maret 2012. Peserta dibekali berbagai macam pemahaman tentang pemilukada. Misalnya, materi pada hari pertama tentang peta politih Aceh dan urgensi pilkada yang disampaikan oleh Syaifuddin Bantasyam, Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Begitu juga tentang pemilihan dan bagaimana berjalannya pemilukada di Aceh yang menghadirkan wakil ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ilham Syahputra. Serta diisi oleh sejumlah pemateri lainnya selama tiga hari.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, peserta juga akan diajak untuk menganalisis atau melakukan survei tentang pendapat masyarakat terkait pemilukada Aceh 2012 dan menganalisis seberapa besar urgensi pemilukada bagi  masyarakat yang akan dipusatkan di Blang Padang pada Minggu 11 Maret mendatang.

Acara itu nantinya akan ditutup secara resmi oleh KIP Aceh, diikuti dengan soft launching duta pemilukada Aceh.[]