Beranda Headline Larang Perpoloncoan, Begini Keadaan Ospek Unsyiah

Larang Perpoloncoan, Begini Keadaan Ospek Unsyiah

BERBAGI

M. Fajarli iqbal | DETaK

IMG_1009
(Rektor bersama Kasdam IM mendampingi mahasiswa baru melihat alutista TNI / foto: M. Fajarli iqbal)

Darusalam – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali melaksanakan pengenalan kampus atau disebut juga Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) di gedung AAC Dayan Dawoed Sabtu, 29 sampai dengan Senin 31 Agustus 2015.

Unsyiah memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru melalui edukasi dan pembinaan karakter. Dalam acara tersebut kampus jantong hatee rakyat Aceh ini juga turut mengundang Pangdam IM, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, dan SKPA lainya untuk memberi kuliah umum kepada mahasiswa baru.

IMG_1033
(Mahasiswa baru mendengar penjelasan dari prajurit TNI mengenai alat-lat yang digunakan saat mengintai musush/ foto: M. fajarli Iqbal)

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal mengatakan bahwa PAKARMARU dilaksanakan guna mendidik karakter pemuda dan memperkenalkan kehidupan kampus kepad mahasiswa baru.

“Kita tidak mengadakan Ospek yang ada unsur perpeloncoan, jadi dengan PAKARMARU mahasiswa diharapkan dapat menjadi lebih baik,” ucapnya kepada wartawan saat mendampingi mahasiswa baru melihat-lihat alutista militer yang dipamerkan di dekat gedung AAC Dayan Dawoed.

IMG_1019
(Salah satu tank milik TNI AD yang dipamerkan kepada mahasiswa baru Unsyiah / foto: M. Fajarli Iqbal)

Pengenalan kampus tersebut turut mengundang pihak militer dalam hal ini Kodam Iskandar Muda. Tak hanya memberi kuliah umum, Kodam IM juga menampilkan alutista militer dan memamerkannya pada mahasiswa baru.

“Jadi hal seperti ini kita lakukan untuk menumbuhkan nilai nasionalisme pada mahasiswa,” ujar Kasdam Iskandar Muda Brigjend Rudi saat melihat pameran alutista bersama mahasiswa dan rektor Unsyiah.[]

Editor: Riyanti Herlita