Kiat Memilih Bahasa Asing

    BERBAGI

    Tidak dapat kita pungkiri bahwa kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, sangat diperlukan untuk dapat bersaing di era globalisasi dan pasar bebas.

    Namun sangat disayangkan kemampuan berbahasa asing kebanyakan penduduk di Indonesia masih jauh di bawah rata-rata dan nampaknya terus menujukkan gejala menurun. Tidak terkecuali para mahasiswa. Kurangnya kemampuan berbahasa asing inilah yang menimbulkan kesulitan tersendiri bagi tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja atau bersekolah di luar negeri.

    Peran lembaga pendidikan dan pemerintah menjadi kunci utama untuk memacu semangat untuk belajar bahasa asing. Misalnya dengan menyediakan laboratorium bahasa ataupun subsidi biaya kursus, akan memnacing gairah para pelajar, siswa maupun mahasiswa untuk belajar bahasa asing.

    Banyak cara bagi kita yang ingin belajar bahasa asing. Namun, sebelum memilih salah satu bahasa asing, hendaknya kita terlebih dahulu memetakan tujuan dari belajar bahasa tersebut. Misalnya mencari informasi tentang bahasa tersebut, seperti bahasa apa saja yang diakui dunia internasional, berapa banyak negara yang menggunakan bahasa tersebut dan lain sebagainya.

    Beberapa bahasa asing yang diakui internasional antara lain adalah : Bahasa Inggris, Jerman, Italia, Arab, Spanyol, Francis, Rusia, Jepang dan Bahasa Mandarin.

    Keuntungan mempelajari bahasa Arab, misalnya, akan mempermudah kita untuk memahami Al-Qur’an, karena Al-Quran sendiri diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab. Sehingga apabila kita mempelajari dan menguasai bahasa Arab setidaknya kita bisa memahami tentang bahasa Al-Quran maupun hal-hal yang berkaitan dengan ibadah.

    Bahasa Belanda juga penting untuk kita yang menyukai ilmu sejarah maupun ilmu hukum. Karena sampai saat sekarang ini negeri Belanda masih menjadi rujukan bagi kita yang belajar ilmu sejarah dan ilmu hukum. Karena banyak arsip-arsip dokumen sejarah dan purbakala Indonesia yang banyak disimpan di negeri kincir angin tersebut

    Bahasa Jerman dan Jepang juga perlu kita perhatikan untuk dipelajari bagi kita yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi kita yang mempunyai latar belakang eksakta. Karena sebagaimana kita tahu Negeri Jerman dan Jepang terkenal memiliki keunggulan dalam bidang industri dan teknologinya.

    Bahasa China juga sangat diminati masyarakiat dunia. Perkembangan ekonomi dan kemajuan dari berbagai bidang di negara tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri untuk menguasai bahasa China.

    Untuk Bahasa Perancis, Russia dan Spanyol juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Maklum, ketiga bahasa ini dipakai dibanyak negara di dunia. Perancis misalnya, selain Belgia dan Kanada, sebagian besar negara di Afrika juga menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa utamanya, termasuk kamboja di Asia Tenggara. Begitu juga dengan Bahasa Spanyol yang banyak digunakan oleh negara-negara lain seperti di Amerika selatan.

    DETaK | Zurryati dan Sulistio

    Comments

    comments