Beranda Headline Kemenristekdikti Mandatkan Perubahan Program D3 Unsyiah Menjadi Program D4

Kemenristekdikti Mandatkan Perubahan Program D3 Unsyiah Menjadi Program D4

BERBAGI
WR I Unsyiah, Marwan, saat memberikan penjelasan terkait program D4. (Buhari Hapiansyah | DETaK)

Herry Anugerah | DETaK

Darussalam– Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kini sedang melakukan pengajuan perubahan program Diploma 3 (D3) menjadi Diploma 4 (D4). Pengajuan tersebut sudah disampaikan Unsyiah kepada Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), sejak Maret 2019.

Wakil Rektor (WR) I Unsyiah, Marwan, menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan mandat dari Pemerintah untuk mengubah program D3 menjadi D4. Keputusan mandat tersebut hingga saat ini belum dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Tenggat waktunya sebenarnya bulan Agustus 2019 lalu untuk memberi keputusan mandat tersebut. Namun, sekarang belum ada informasi lebih lanjut,” ujarnya.

Dengan adanya perubahan dari program D3 menjadi D4 nantinya, maka Unsyiah dalam penerimaan mahasiswa baru membuka jenjang D4, sedangkan D3 tidak lagi. Terkait dengan sistem pembelajaran nantinya, Marwan menjelaskan bahwa mahasiswa bisa memilih untuk lulus di jenjang D4 atau lebih memilih lulus dan kerja terlebih dahulu sebelum lulus sebagai sarjana terapan itu.

“Artinya nanti mahasiswa mungkin bisa memilih lulus di D2 atau D3 yang mendapat sertifikasi kompetensi dan ijazah sesuai jenjangnya, kerja dulu baru sambung lagi ke D4, atau langsung kuliah sampai D4. Sehingga program D3 yang sekarang merupakan bagian dari D4,” terangnya.

Di sisi lain, polemik tentang mencuatnya isu penutupan D3, Marwan menyatakan hingga saat ini belum ada kepastian apakah dilakukan penutupan atau tidak. Hal tersebut disebabkan menunggu proses keputusan mandat oleh Kemenristekdikti terkait dengan perubahan ke D4.

“Sampai sekarang masih dipertahankan, terutama jurusan D3 yang akreditasinya B. Jurusan yang akreditasinya B dimandatkan untuk menjadi D4, sedangkan yang akreditasinya C diusahakan dulu dinaikkan menjadi B, baru bisa dimandatkan menjadi D4. Tapi kalau yang akreditasinya C tidak naik juga ke B, maka diusulkan ditutup aja,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa seandainya program D3 ditutup, prosedur penutupannya tidak serta merta langsung.

“Harus tunggu lulus dulu mahasiswanya, atau mungkin alternatifnya mahasiswanya dipindahkan ke jenjang S1, belum ada rapat mengenai prosedurnya,” pungkasnya.

Ia juga berharap keputusan mandat segera dikeluarkan sebelum penerimaan mahasiswa baru di tahun selanjutnya, sehingga ada kepastian dalam membuka jenjang D4 untuk penerimaan tersebut. []