Beranda Headline Jurnalis DETaK Isi Materi Pelatihan Jurnalistik KSR PMI

Jurnalis DETaK Isi Materi Pelatihan Jurnalistik KSR PMI

BERBAGI
Salah satu pemateri sedang menyampaikan materi (M. Fajarli Iqbal/DETaK)

M. Fajarli Iqbal | DETaK

Darussalam – Jurnalis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK mengisi materi pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) di gedung Gelanggang Mahasiswa, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh selama dua hari Sabtu, 12 hingga 13 Maret 2016.

Pelatihan tersebut ditujukan untuk para pengurus KSR PMI Unit 01 Universitas Syiah Kuala untuk memberi gambaran dasar jurnalistik agar lebih mengerti cara penulisan berita dalam pengelolaan website resmi UKM tersebut.

“Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengelola website dan informasi,” ucap Abdullah selaku ketua panitia di tempat pelatihan.

Acara yang mengusung tema “Mengembangkan Potensi dalam Bidang Informasi Teknologi Kreatif untuk Relawan yang Berkompeten” tersebut diikuti oleh 15 peserta dari 27 pendaftar.

“Pendaftar itu dari kalangan internal kita juga, jadi kita ingin informasi dari PMI ini dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas,” ucap Abdullah.

Riyanti Herlita yang mejadi pemateri dalam pelatihan tersebut membawakan materi secara santai. Jurnalis DETaK yang pernah menjabat sebagai redaktur berita di portal berita kampus www.detak-unsyiah.com ini menjelaskan tentang teknik wawancara dan penulisan berita press release.

“Dalam mewawancara narasumber sebaik mungkin kita harus membangun suasana positif agar informasi yang kita inginkan didapat dengan baik,” ucap mahasiswa yang sedang menyelesaikan studinya di FKIP Unsyiah Prodi Matematika ini saat memberikan materi.

Tak hanya materi jurnalistik yang diajarkan dalam pelatihan tersebut, namun juga ada materi lainnya seperti Pengelolaan Website, Pembelajaran Excel, Pengenalan Tool Box dalam Corel Draw, Mendesain Spanduk dan Brosur serta mempelajari Corporate Identity dalam Dunia Publikasi.[]

Editor: Cut Meliana

Comments

comments