Beranda Headline Jurnalis Aceh Tolak Kekerasan di Depan Masjis Raya

Jurnalis Aceh Tolak Kekerasan di Depan Masjis Raya

BERBAGI
(Foto: Burhanudin/Kompas)
loading...

Lisma Linda | DETaK

(Foto: Burhanudin/Kompas)

Banda Aceh – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Aceh Anti Kekerasan, berunjuk rasa di depan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (1/5/2012).

Forum yang terdiri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kota Banda Aceh, mengutuk aksi kekerasan terhadap wartawan dalam menjalankan tugasnya, baik yang dilakukan Anggota Marinir, Anggota dewan, dan juga massa.

loading...

Mereka meminta petinggi TNI tidak melindungi serta memecat anggotanya yang melakukan tindakan pemukulan terhadap jurnalis di Padang.

Selain itu, mereka juga meminta kepada aparat penegak hukum, agar mengusut dan mengadili kasus-kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi disejumlah daerah di tanah air.

Mereka menghimbau kepada semua pihak untuk menghormati kerja jurnalis serta menggunakan hak jawab jika merasa keberatan terhadap pemberitaan media.

Selain kepada masyarakat umum, mereka juga menghimbau kepada jurnalis diseluruh tanah air, agar menjunjung tinggi etika jurnalistik dan mempelajari undang-undang pers, supaya tidak terjadi lagi kekerasan terhadap jurnalis.

Walaupun hujan mengguyur, mereka tetap semangat menyampaikan orasi. Aksi berjalan damai dengan pengawalan dari pihak kepolisian.[]