Beranda Headline Jasso Tawarkan Beasiswa ke Jepang

Jasso Tawarkan Beasiswa ke Jepang

BERBAGI
Suasana Seminar Jasso yang diikuti oleh kalangan mahasiswa dan siswa (foto: Lisma Linda/DETaK)
loading...

Lisma Linda | DETaK

Suasana Seminar Jasso yang diikuti oleh kalangan mahasiswa dan siswa (foto: Lisma Linda/DETaK)

Banda Aceh – Persada (Persatuan Alumni dari Jepang) yang bekerjasama dengan konsulat Jenderal Jepang mengadakan seminar beasiswa yang diberi nama Jasso (Japan Student Services  Organization) di lobi AAC Dayan Dawood, Selasa (13/3/2012).

Seminar tersebut juga merupakan acara reuni alumni Jepang yang bertujuan untuk memperkenalkan pendidikan yang ada di Jepang. Tak hanya seminar saja, tapi mereka juga menyediakan beasiswa ke negeri matahari terbit itu. Beasiswa yang disediakan di antaranya program diploma III, sarjana, pasca sarjana (master dan doctor), pelatihan guru, pertukaran pelajar untuk SMA, dan pertukaran mahasiswa

loading...

Bayu Pramana Putra, koordinator seminar tersebut mengungkapkan bahwa panitia intinya sendiri berasal dari kalangan dosen yang mengambil studi di Jepang. “Mereka dosen Unsyiah yang pernah study di sana, jadi Unsyiah dan jepang sendiri sudah punya hubungan kerja,” ungkapnya.

Acara yang  dimulai pada pukul 11.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib itu mendatangkan peserta dari kalangan siswa dan mahasiswa. “Peserta berasal dari siswa SMA dan mahasiswa, jumlahnya mencapai 200 orang,” ujar Bayu.

Muhammad Baiquni, salah seorang Mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah, mengatakan bahwa secara keseluruhan acara itu bagus tapi ia menyayangkan fasilitas yang tersedia tidak memuaskan. “Kualitas sound system yang buruk dan ruangan yang panas membuat saya susah tenang,” jelasnya.

Baiquni juga mengatakan bahwa ia mendapatkan banyak informasi dari seminar tersebut, diantaranya informasi tentang Jepang, makanan Jepang dan ragam budaya Jepang. “Saya berharap suatu hari bisa ke Jepang berbekal informasi yang sudah saya dapatkan hari ini,” harapnya.[]