Beranda Headline Ini  Karya Mahasiswa Unsyiah yang Diundang ke PIMNAS

Ini  Karya Mahasiswa Unsyiah yang Diundang ke PIMNAS

BERBAGI

Siaran pers | DETaK

PIMNAS_2015-1024x769
(Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara)

Darussalam – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil melolosakan 47 judul Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk tahun 2015. Sepuluh di antaranya diundang ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 201 yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 10 Oktober 2015 di Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara. Jumlah tersebut meningkat jauh  dari tahun sebelumnya, dimana Unsyiah hanya mampu mengantar satu judul  ke PIMNAS.

PIMNAS adalah event akademik terbesar tahunan, tempat para penerima PKM memamerkan hasil karya mereka. Peserta yang diundang ke PIMNAS adalah kelompok mahasiswa berprestasi yang karyanya dipandang pantas untuk diangkat ke tingkat nasional.

Sementara PKM adalah program pengembangan kreatifitas mahasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek). Program ini diadakan untuk mendorong mahasiswa agar dapat mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, kerjasama tim, dan mengembangkan kemandirian melalui program yang kreatif yang sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni.

Seleksi penerima PKM dilakukan secara kompetitif berdasarkan proposal yang dimasukkan secara nasional dari berbagai PTN/PTS se-Indonesia.

Dari 7.464 judul PKM yang diusulkan oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia pada tahun 2015,  hanya 440 judul yang diundang untuk mengikuti Pimnas 2015.

Berikut judul-judul karya mahasiswa Unsyiah yang diundang ke PIMNAS 2015 adalah

  1. Sistem Pemantauan Gerakan Vertikal pada Jembatan Lamnyong Secara Real Time oleh Suhardi dan tim.
  2. Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Untuk Identifikasi Sebaran Lindi Di Daerah TPA Gampong Jawa oleh Abdul Razaq dan tim.
  3. Investigasi Intrusi Air Laut Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas di Kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh oleh Muhammad Nabil Ezra dan tim.
  4. “Ask Mr. Rematik” Pengembangan Penyuluhan Penyakit Rematik Lutut (Knee Osteoartritis) Berbasis Smartphone oleh Ahmad Husnul Huluq dan tim.
  5. Membran Nanopartikel Berbasis Polietersulfon untuk Produksi Obat Anti Kanker dari Kacang Kedelai oleh Rahmat Sunarya dan tim.
  6. Prediksi Aktivitas Gunung Api Aktif Menggunakan Metode Numerik Ekstrapolasi (Studi Kasus Gunung Seulawah Agam, Aceh) oleh Khalid M dan tim.
  7. “ACTIN” (Action and Solution to be Smart Fisherman ) oleh Miftahul jannah Br sibarani dan tim.
  8. Isolasi Dan Identifikasi Mikroorganisme Fermentor Pada Proses Pembuatan Pliek U oleh Rivan Rinaldi.
  9. Sirup Jamblang Hermis (Herbal dan Manis ) Sebagai Inovasi Pangan Fungsional oleh Maulidia Izzati dan tim.
  10. Pasti Mudik (Pasta Asam Sunti Mudah dan Menarik) Si Pengaya Rasa dari Serambi Mekkah oleh Sari Hanum dan tim.[]

Editor: M. Fajarli Iqbal

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here