Beranda Headline HIMAPDIPA dan AFC Unsyiah Galang Bantuan Peduli Tangse

HIMAPDIPA dan AFC Unsyiah Galang Bantuan Peduli Tangse

BERBAGI
Posko Peduli Tangse (Foto: Ricky Syahrani/DETaK)
loading...

Cut Lusi Khairun Nisak | DETaK

Posko Peduli Tangse di depan Fakultas Kelautan Unsyiah (Foto: Ricky Syahrani/DETaK)

Darussalam – Bencana banjir bandang yang melanda sejumlah desa di kemukiman Beungga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Sabtu (25/2) yang lalu mengundang keprihatinan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dari Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan (HIMAPDIPA) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aqua Fans Club (AFC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Sebagai bentuk keprihatinan, kedua lembaga kemahasiswaan yang ada di kampus jantong hatee rakyat Aceh itu melakukan aksi penggalangan bantuan di beberapa tempat di Banda Aceh. Selain itu, mereka juga turut mendirikan ‘Posko Peduli Tangse’ di depan kampus Koordinator Kelautan dan Perikanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah.

loading...

Faisal Azhar, koordinator penggalangan bantuan itu menyebutkan bahwa aksi penggalangan bantuan telah dilakukan sejak Rabu, (29/2) kemarin. Namun, untuk pendirian posko di depan FMIPA, baru dilakukan Kamis, (1/3)  hari ini. Penggalangan bantuan ini sendiri direncanakan akan terus dilakukan hingga 4 Maret mendatang.

Kata Faisal, awalnya, penggalangan bantuan ini hanya difokuskan pada empat titik strategis di kota Banda Aceh seperti Simpang Surabaya, Simpang Muhammad Jam, Simpang Lima, dan Simpang Jambotape. Namun, katanya, karena di wilayah kampus Unsyiah belum ada posko serupa, maka mereka juga berinisiatif untuk mendirikan posko penggalangan bantuan di area kampus. “Kalau kita lihat di lingkungan Unsyiah, baru ini posko yang ada,” ujar Faisal.

“Kami menerima segala jenis bantuan yang bisa membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Bisa berupa sejumlah uang, pakaian, buku, dan lain sebagainya,” tambahnya. Katanya lagi,  selama penggalangan dana dilakukan pihaknya telah mendapat banyak bantuan berupa dana dan pakaian-pakaian bekas, namun jumlahnya belum di akumulasi semua.

Hari terakhir penggalangan bantuan nanti, tambah Faisal, pihaknya akan menggelar rapat evaluasi  terakhir sebelum menyerahkan bantuan yang terkumpul itu langsung ke Tangse pada keesokan harinya. “Tujuan utama kami tidak hanya menyerahkan bantuan, namun juga sekaligus melakukan bakti sosial,” tutupnya. []