Beranda Headline Hashim Djokohadikusumo Isi Kuliah Umum di Unsyiah

Hashim Djokohadikusumo Isi Kuliah Umum di Unsyiah

BERBAGI

Nurhamidah | DETaK

IMG_5867
(Foto: Nurhamidah/DETaK)

Darussalam – Hashim Djokohadikusumo, seorang pengusaha sukses asal Indonesia, hari ini,  Kamis (03/10/2013)   mengisi kuliah umum bertemakan ” Pespektif Bisnis dan Solusi Manajerial untuk Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM)” di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah.

Pemilik  PT. Tirta Mas ini menyebutkan, secara operasional hendaknya pemerintah dengan anggaran yang begitu besar dapat mengutamakan rakyat miskin, pedagang kecil, buruh, dan nelayan.

“Kenyataan sekarang, kredit nasional banyak diarahkan ke pengusaha-pengusaha besar. Sehingga timbul lah neoliberal, yang tidak memihak pada rakyat Indonesia dan membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi pengusaha asing”, ujar anak bungsu dari  Soemitro Djojohadikusumo, arsitektur ekonomi di masa orde baru.

Setelah berhasil mengembangkan kelapa sawit di Meulaboh, Aceh Barat. Kini, Hashim kedepannya akan berencana membangun kilang Padi di daerah Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara. “ Kita inginkan 1,9 ton Padi dari Aceh tidak digiling lagi di Sumatera”, ungkap pria yang juga saudara kandung politikus Prabowo Subianto.

Di akhir kuliah umum, pengusaha yang kekayaanya mencapai Rp 8.5 triliun itu memberikan empat tips menjadi wirausaha. Keempat tips tersebut yakni, membudayakan tepat waktu, menguasai bahsa asing, memahami akuntansi, dan teknologi informasi.[]

Comments

comments