Beranda Headline EXPO Awali Rangkaian Mahakarya Unsyiah Library Fiesta 2017

EXPO Awali Rangkaian Mahakarya Unsyiah Library Fiesta 2017

BERBAGI
Ist.

Radhia Humaira | DETaK

Darussalam – Pembukaan Expo dan pengumuman pemenang lomba  mengawali rangkaian acara Mahakarya Unsyiah Library Fiesta 2017 yang akan dipusatkan di gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah pada 28 April 2017 mendatang.

Kegiatan ceremony yang dilangsungkan di Perpustakaan Unsyiah ini berlangsung pukul 10.00 pagi dengan dihadiri pemustaka, peserta lomba, dan perwakilan sponsor acara. Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah, Taufiq Abdul Gani, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para peserta lomba dan pengisi stand yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

Iklan Souvenir DETaK

Karena kita sadari literasi informasi saat ini sudah berubah, dari cetak ke digital. Perubahan teknologi dari masa ke masa semakin berkembang, termasuk talkshow yang juga bagian dari literasi, dan kita berupaya mengaplikasikan itu semuda di perpustakaan,” katanya dalam sambutannya, Selasa, 25 April 2017.

Selain itu dia mengapresiasi seluruh kejuaraan tersebut meskipun pada perlombaan blogger seluruhnya dimenangkan oleh peserta yang berasal di luar daerah Aceh. Secara berurutan, peserta tersebut berasal dari Bandung, Bogor dan Yogyakarta.

“Lomba blogger 99 peserta, naik dari 45 peserta dari tahun lalu. 54 peserta dari luar dan 45 peserta dari Aceh. Kita harus fair bahwa pemenang itu semuanya adalah orang luar. Ini menjadi sarana pembelajaran bagi kita agar ke depannya bisa lebih baik. Kita tidak bisa memfilter, karena sekarang sudah border less,” lanjutnya.

Menurutnya, ini merupakan hal menarik karena seluruh peserta yang berasal dari luar tersebut mampu menulis dan menceritakan perpustakaan Unsyiah seolah-olah mereka ada di Perpustakaan Unsyiah. Hal ini semakin menandai bahwa perpustakaan  Unsyiah sudah mempunyai akses yang luas dan dapat tergambar di benak masyarakat luar meskipun belum pernah mengunjunginya.

Sementara itu, beberapa kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya  seperti serangkaian kompetisi yang diadakan pada acara Unsyiah Library Fiesta diumumkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) panita pada pembukaan tersebut oleh Oza Akmal Maulana selaku ketua panitia.

Hasil rekap penilaian dewan juri pada rangkaian perlombaan Unsyiah library fiesta 2017 diperoleh hasil sebagai berikut. Pemenang blogger competition, juara 1 dengan score 260,7 Herva Yulyanti, juara 2 dengan score 258, 16 oleh  Yesi Hendriyani S, dan juara 3 diraih Purwoko dengan nilai 250, 80. Pemenang Shelving competition, juara teladan oleh Ananda Mahmud Rijal, juara 3 dengan score 94, 5 oleh  Irham Maulana. Juara 2 score 99 oleh  Maisyarah Rita. Juara 1 diraih oleh Ayu Tamala dengan total score 100 serta pemenang sayembara video profil UPT. Perpustakaan Unsyiah juara 1 dengan total nilai 1.230 berhasil diraih Reza Setiawan dan timnya Muharwadi dan Masridho Rambey.

Khusus penetapan pemenang sayembara video profil, penilaian dikakukan oleh staf, kepala perpustakaan, dan Davi Abdullah dari Kompas TV.

Ist.

Sesuai tema More Than Just a Library, EXPO kali ini juga menghadirkan berbagai stand, dari Bank BRI, BPNB Aceh, korean food stand, stand Polda Aceh yang memamerkan peralatan-peralatan Hitech Anti Teror, hijab dan aneka stan lainnya di perpustakaan Unsyiah lantai 1, baik di ruang tunggu hingga ruangan reading longe. Kegiatan lainnya diramaikan dengan belbagai perlombaan seperti boomerang contest dan acoustic competition, juga penobatan duta baca Unsyiah pada malam Mahakarya Unsyiah Library Fiesta pada 28 April 2017 yang dilaksanakan di gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.[]

Editor: Dinda Triani