Beranda Headline ENJ Unsyiah Seleksi Peserta Secara Ketat di Tahun 2018

ENJ Unsyiah Seleksi Peserta Secara Ketat di Tahun 2018

BERBAGI
(Sumber: https://maritim.go.id)

Devy Alya Pratama | DETaK

Darussalam-Program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ), salah satu jalur program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) periode XV Juli-Agustus 2018 mendatang akan menyeleksi peserta secara ketat. Hal ini diterangkan oleh Ketua Pelaksana KKN Tematik, Nasrillah Anis saat ditemui tim DETaK di kantornya, pada Senin, 7 Mei 2018.

Nasrillah yang ditunjuk langsung dari Wakil Rektor III Unsyiah sebagai Ketua Pelaksana KKN Tematik mengatakan bahwa program KKN Tematik ENJ pada tahun 2018 ini.

“Dikarenakan program KKN ENJ ini, merupakan program pemerintah, jadi dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah (Kemenko Maritim RI) ditambah dengan pemberian uang saku. Oleh karena itu, kuota yang dibuka sebanyak 50 orang saja, dan hanya saringan terbaik, memenuhi syarat wajib minimal 100 Sistem Kredit Semester (SKS) lah, yang dapat mengikuti KKN ini,” terang Nasrillah.

Nasrillah melanjutkan bahwa Program ENJ ini muncul ditahun 2016 lalu, namun tidak pelaksanaannya tidak dimaksudkan ke dalam bagian rogram KKN, dengan pelaksanaan kegiatan selama 10 hari saja.

“Program ENJ tahun ini juga disinergikan dengan program KKN yang diakui dalam kurikulum Perguruan Tinggi, kemudian program ENJ ini berubah nama menjadi Program KKN Tematik ENJ yang pelaksanaannya selama 21 hari,” ucap Nasrillah

Di tahun ke-2, yaitu 2017, muncul kebijakan bahwa program ENJ disinergikan dengan program KKN sehingga nilainya dapat diakui di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun, karena pemberitahuan hal tersebut terlambat, maka di tahun 2017 lalu, peserta yang mengikuti program KKN ENJ ini tidak melalui proses seleksi.

Nasrillah lebih lanjut menyampaikan bahwa penetapan kuota pada setiap fakultas telah diedarkan melalui surat edaran dari Biro Kemahasiswaan Unsyiah ke Wakil Dekan III Kemahasiswaan Fakultas.

“Kami sudah tetapkan kuota, harapannya WD III Fakultas dapat menyaring mahasiswa terbaik dari fakultasnya, jadi pendaftaran KKN Tematik ENJ ini dapat langsung ke Kemahasiswaan masing-masing fakultas,” pungkas Nasrillah.

Program ENJ adalah sebagai perwujudan rasa cinta dan kepedulian dalam hal ini pemerintah terhadap pulau terluar.  Pelaksanaannya dimaksudkan untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia, menggali potensi pribadi, melatih kepemimpinan, melatih kepedulian sosial, peningkatan bela negara, dan peningkatan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). []

Editor: Maisyarah Rita