Beranda Headline Atasi Kelangkaan Cairan Pembersih Tangan, Mahasiswa FMIPA Kimia Produksi Hand Sanitizer Ocilianum

Atasi Kelangkaan Cairan Pembersih Tangan, Mahasiswa FMIPA Kimia Produksi Hand Sanitizer Ocilianum

BERBAGI
Produk Hand Sanitizer buatan mahasiswa FMIPA Kimia, Ocilianum. (Rinatul Mauzirah/DETaK. 19/3/2020)
loading...

Rinatul Mauzirah | DETaK

Darussalam – Kelangkaan Hand Sanitizer di pasaran akibat merebaknya virus korona (Covid-19) mendorong mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) angkatan 2018 meluncurkan produk Hand Sanitizer dengan merek Ocilianum, Kamis, 19 Maret 2020.

Peluncuran Ocilianum dilakukan secara daring melalui akun media sosial @ocilianumid dengan menampilkan pemaparan mengenai Ocilianum oleh Dekan FMIPA Unysiah, T. M. Iqbalsyah; Wakil Dekan III, Ilham Maulana; Wakil Rektor III, Alfiansyah Yulianur, serta General Manager Lhoknga Plant, Durain Parmanoan.

loading...

Inisiatif ini juga merupakan perwujudan dari salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat dengan menyediakan stok penjualan Hand Sanitizer yang sesuai dengan formulasi World  Health Organization (WHO). Hal itu disampaikan oleh Elly Sufriadi, dosen pendamping mata kuliah Kewirausahaaan “Ini merupakan momentum yang tepat bagi kalian untuk melakukan misi kemanusiaan, sebagai bentuk kepedulian, sekaligus belajar tentang bagaimana kewirausahaaan ketika langsung turun ke lapangan dan juga mengabdi kepada masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma perguruan tinggi”.

Produk Ocilianum terdapat dalam 3 varian aroma yaitu jeruk, vanila, dan lemon yang terdiri dari  3 ukuran kemasan produk yaitu ukuran 30 ml, 200 ml dan 500 ml. Saat ini, permintaan akan Hand Sanitizer Ocilianum cukup banyak “MaasyaAllah, luar biasa, banyak kali yang order, ada yang order 50 botol, 70 botol, 20 botol, dan ada lagi beberapa, sampai tangan kewalahan untuk nanggapin lewat WhatsApp (WA), itu belum lagi hasil rekap pemasaran, bahkan untuk kemasan 30 ml sudah di-order 900 botol lebih Ocilianum,”  ungkap Ayu Rahmadani, Staff Bidang Pemasaran.

Sementara itu, produk Hand Sanitizer Ocilianum ini juga mendapat tanggapan bagus dari PT. Solusi Bangun Andalas (SBA) dan Wakil Rektor III Unsyiah, Alfiansyah Yulianur.

“Luar biasa, alhamdulillah, produk ini sangat bermanfaat dalam kondisi sekarang ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Kami ucapkan selamat untuk anak-anak kami mahasiswa Kimia angkatan 2018 yang sudah berhasil memproduksi Hand Sanitizer, dan juga coba kalian usaha untuk mencari dukungan atau sponsor agar Ocilianum ini dapat dibagikan secara gratis kepada masyarakat,” ujar Alfiansyah Yulianur saat diwawancarai pewarta www.detak-unsyiah.com

Peluncuran yang dilakukan secara daring ini telah mendapat Izin Usaha Mikro Kecil dengan nama usaha One Eight. []

Editor: Missanur Refasesa