Beranda Headline Anggota Muda KSR PMI Dibekali Latihan Dasar

Anggota Muda KSR PMI Dibekali Latihan Dasar

BERBAGI
Diklatsar KSR PMI 01 Unsyiah
loading...

Diklatsar KSR PMI 01 Unsyiah

DETaK | Darussalam – Unit Kegiatan Mahasiswa Korp Suka Rela Palang Merah Indonesia 01 Universitas Syiah Kuala (KSR PMI 01 Unsyiah) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) anggota muda sejak Senin (3/10/2011) dan akan berakhir Minggu (9/10/2011).

Acara tersebut berlangsung selama seminggu dan diikuti oleh 14 peserta. Dua orang di antaranya berasal dari Perguruan Tinggi Al-Hilal Sigli.

Dari 14 peserta yang mengikuti Diklatsar, dua di antaranya dinyatakan gugur karena tidak melakukan proses latihan hingga selesai dan  hanya tersisa 12 orang.

Ketua panitia Diklatsar, Syahrul mengatakan bahwa para anggota baru yang mengikuti Diklatsar itu dibekali beberapa materi penanggulangan bencana. Di antaranya community based, sanitasi dan pertolongan pertama. Materi pertolongan pertama ini difokuskan pada cara memberi bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Syarul menambahkan, pada Minggu (9/10/2011) mereka akan mempraktekkan langsung materi-materi tersebut. Setelah Diklatsar nanti mereka juga akan mengikuti Diklat lanjut selama tiga hari tiga malam (120 jam),. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan sertifikat KSR PMI serta dinyatakan sebagai anggota PMI. “Seseorang baru diakui sebagai relawan, apabila sudah lulus pola pelatihan selama 120 jam,” tutup Syahrul. [Sayed Jamaluddin]

BERBAGI