Beranda Headline Anggota Baru DETaK Dibekali PJTD

Anggota Baru DETaK Dibekali PJTD

BERBAGI
loading...

Nurhamidah, Anggita Rezki Amelia| DETaK

Darussalam – Ukm Pers DETaK Unsyiah megadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di Ruang VIP Gedung Gelanggang Mahasiswa pada tanggal 20-21 Oktober 2012. Dalam pelatihan tersebut Ketua Aji Banda Aceh, Maimun Saleh melatih penulisan feature bagi anggota muda Ukm Pers DETaK Unsyiah.

“Musuh utama kita dalam menulis feature adalah pendapat dan imajinasi, inilah yang mengakibatkan macet saat menulis. Janganlah terlalu percaya pada otak, tapi tuliskan apa yang kita lihat”, ungkap Maimun.

loading...

Ia menambahkan agar bisa menulis feature dengan mudah, cara belajar paling efektif bukanlah terletak pada teori yang di dapatkan tapi bagaimana dalam mempraktekkannya.

Pada saat latihan Dewan Sekolah Muharram Journalism Collage (MJC) itu meminta peserta keluar dari ruangan untuk mengamati secara langsung apa saja yang mereka lihat di alam sekitar dan menulisnya dalam bentuk feature. “Supaya melihat secara langsung apa yang kita tulis, bukan apa yang di pikirkan, ujarnya lagi.

Selain dibekali Menulis feature, peserta juga diberikan materi tentang pengenalan PJTD,Teknik Menulis Straigt News,Cara Menembus Nara Sumber, Manajemen Organisasi,Fotografi Jurnalistik dan Pengenalan Movie Maker.

Dalam pelatihan tersebut juga di hadiri Rahmat Taufik (Pimred DETaK) , Muhammad Ifdhal ( wartawan antara ), Salman Mardira ( wartawan okezone), Miswar ( Layouter Modus ), T. Umar ( Kompas TV ), Riza Naseer ( wartawan Viva News ), dan Hotli Simanjuntak (European Photopress Agency dan The Jakarta Post).[]