Beranda Headline Aktivis HAM Sebut Pemerintah Tak serius Tangani Kasus Pelanggaran HAM

Aktivis HAM Sebut Pemerintah Tak serius Tangani Kasus Pelanggaran HAM

BERBAGI
Koordinator KontraS Aceh, Hendra Saputra sedang berorasi di Simpang Lima Banda Aceh dalam rangka mengenang Munir (Chalid Isra/DETaK)

Muhammad Chalid Isra | DETaK

Banda Aceh –Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh, Hendra Saputra mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi-JK belum memperlihatkan niat baik dalam mengungkap kasus pembunuhan Munir. Hal itu ia katakan saat ditemui detak-unsyiah.com dalam aksi memperingati 11 tahun meninggalnya munir di Simpang Lima Banda Aceh, Senin 7 September 2015.

 “Seperti kita lihat Jokowi-JK hanya mempunyai slogan atau jargon terkait dengan kasus pelanggaran HAM, tetapi tidak pernah yang melakukan aksi mengungkap kasus pelanggaran HAM masa lalu,” ucap Hendra.

Ia juga megatakan secara aspek hukum kasus munir tinggal di bongkar saja, karena ini meruapakan  salah satu kasus yang sudah lama dan sudah sangat terkuak, akan tetapi baik pemerintah Indonesia dan pemerintah Aceh belum menunjukkan niat baik untuk mengungkap kasus pelanggaran HAM di masa lalu.

“Di Aceh ada beberapa kasus pelanggaran HAM masa lalu yang sudah sangat terkuak tapi pemerintah belum mau menyelesaikannya, padahal kita sudah punya KKR sebagai mekanisme meyelesaikan hal ini,” lanjut Hendra.[]

Editor: M. Fajarli Iqbal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here