Beranda Headline AJI Adakan Seminar Jurnalisme Bencana

AJI Adakan Seminar Jurnalisme Bencana

BERBAGI


Banda Aceh – Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Banda Aceh bekerjasama dengan proyek DRR-A UNDP menggelar seminar tentang jurnalisme bencana bagi wartawan dan kalangan media di aceh, akademisi, aktivis, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, badan PBB dan masyarakat umum lainnya bertempat di Hotel grand naggroe Banda aceh (22/12).
Acara tersebut menghadirkan pemateri Del Ariadi Bustami (konsultan proyek DRR-A UNDP dari LIPI Jakarta), Ahmad Arif (Wartawan Kompas Jakarta, penulis buku “Jurnalisme Bencana”), H. Sjamsul Kahar (Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia), Mukhtaruddin Yakob (Ketua AJI Banda Aceh).
Tujuan utama kegiatan seminar ini ialah meningkatkan pengetahuan wartawan tentang pengurangan risiko bencana dan meningkatkan sensitifitas wartawan dalam melihat dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat, sehingga menunjukkan perlunya kode etik dalam meliput dan menyiarkan berita ujar Mukhtaruddin Yakob selaku ketua panitia.
Besarnya resiko bencana di Indonesia semestinya membentuk sebuah kesadaran baru tentang liputan kebencanaan yang mampu membangun pengetahuan dan kesadaran masyarakat, bahwa mereka memang hidup berdampingan dengan berbagai resiko bencana, namun mereka juga mampu melakukan sesuatu untuk mencegah jatuhnya korban yang lebih besr dari waktu ke waktu.
Sambungnya, semoga dari hasil seminar ini meningkatnya pengetahuan dan komitmen wartawan untuk membuat liputan kebencanaan yang lebih baik.

DETaK | Rayhamizar

Comments

comments