Beranda Headline 6 Mahasiswa Unsyiah Lulus Seleksi ON-MIPA Tingkat Nasional 2018

6 Mahasiswa Unsyiah Lulus Seleksi ON-MIPA Tingkat Nasional 2018

BERBAGI
(Foto: Ist.)

Agika Putri [AM] | DETaK

Darussalam– Sebanyak 6 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) lulus mewakili kontingen Aceh untuk mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tingkat nasional tahun 2018. Ajang bergengsi tersebut dimulai dari 4-7 Mei 2018 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Dalam rangka peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa bidang MIPA, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti kembali menyelenggarakan ON MIPA-PT tahun 2018 dan Unsyiah juga berpatisipasi mengikuti Olimpiade yang dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu Tahap I dilaksanakan oleh perguruan tinggi, Tahap II (tingkat wilayah) oleh Kopertis serta Tahap III (Tingkat Nasional).

Mereka yang mengikuti kompetisi ON-MIPA 2018 dari Unsyiah adalah Imam Budiman dari Program Studi Teknik Kimia dan Mahmuda mahasiswa MIPA Biologi yang mewakili bidang Biologi. Bidang Kimia diwakili oleh Muktaridha mahasiswa FKIP Kimia. Sedangkan untuk bidang Fisika diwakili oleh  Muhazirin dan Zul Ikram mahasiswa MIPA Fisika serta Jailani mewakili bidang Matematika yang merupakan mahasiswa MIPA Matematika.

“Untuk tahun ini kita tidak dapat medali apa-apa tapi alhamdullillah setiap tahun kita dapat mengirimkan mahasiswa ke tingkat nasional walaupun sebelumnya tahun kemarin kita kirimkan 7 orang tahun ini agak menurun 6 orang, dikarenakan memang kurangnya kita fokuskan mahasiswa dalam pembinaan walaupun sebenarnya kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk kita bina. Di setiap tahap itu selalu ada pembinaan mulai dari tahap I sampai tahap III, cuman pembinaannya kurang maksimal karena waktu yang belum cukup memadai. Untuk tahun depan kita akan adakan  pembinaan dari sekarang, kita akan buat komunitas dalam satu kelas dan ada pembina khusus untuk ON MIPA supaya lebih maksimal,” ujar Ali selaku Staf Bidang Kemahasiswaan Program Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (P2KM).

Tujuan dibuatnya ON-MIPA INI selain meningkatkan kreativitas mahasiswa juga diutamakan untuk dosen yang melakukan pembinaan terutama untuk dapat memahami dan mendalami lebih dalam Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam agar adanya pembaruan pengetahuan dari dosen sehingga tidak hanya sebatas kegiatan akademik yang ada di fakultas, tetapi harus bisa mempelajari materi-materi yang memang sedang populer.

“Harapannya semoga tahun ini untuk pendampingan atau pembinaan kita doakan berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan kita bisa atur jadwal dengan mahasiswa untuk pembinaan dengan baik, permasalahan sekarang kita sulit untuk  mengatur jadwal mahasiswa dengan dosennya karena mahasiswa selalu disibukkan dengan kegiatan-kegiatan akademik yang memang wajib mereka ikuti,” lanjut Ali.

Bidang ilmu yang diperlombakan dalam ON-MIPA meliputi Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Selain itu, ada juara khusus bidang Matematika, nantinya akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition (IMC) 2018 di Blagoevgrad, Bulgaria.[*]

Editor: Herry Anugerah