Beranda Feature Suarakan Aspirasi Lewat Komik

Suarakan Aspirasi Lewat Komik

BERBAGI
(Foto: Istimewa)

Nurhamidah | DETaK

(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

Meme Komik. Komunitas  ini sudah ada di seluruh Dunia, kalau di Indonesia, Meme Comic Indonesia (MCI) namanya. “Waktu itu Kami lihat belum ada yang membuat Meme Comic Unsyiah, padahal anak Unsyiah banyak yang  nge like halaman MCI, jadi kami buat aja Meme Comic Unsyiah (MCU). Alhamdulillah perlahan-lahan mulai disukai teman-teman” terang admin MCU pada DETaK , Senin (11/2/13).

Pada dasarnya tidak ada ketua dalam MCU, bahkan tidak ada organ keorganisasian dalam komunitas ini.”Karena yang pertama kali membuat  MCU  Admin S, jadi ketua adminnya juga admin S”, jelas admin berinisial S. Nama asli admin tidak boleh diungkapkan ke publik, karna sudah menjadi kesepakatan para pecinta  Meme Comic di seluruh dunia.  Keanggotaan MCU hingga kini sebanyak dua orang. “Biasanya untuk menandai admin  yang sedang Online pada saat  postingan, admin tersebut akan menyelipkan inisial pada karyanya, misal: Admin Z atau Admin S. Dalam MCU ada dua admin, yg satu admin S dari FKIP dan satu lagi admin Z dari Fakultas Teknik”.

MCU dibentuk oleh seorang mahasiswa Unsyiah, awalnya mereka membuat akun “Haba Simpang Galon”, kemudian ada dua orang teman dari akun Haba Simpang Galon yang mengusulkan untuk merancang Fanspage MCU. Ide untuk membuat halaman MCU di facebook sudah direncanakan sejak tahun 2012, namun rampung pada 23 Januari 2013 “Syukur, pengikutnya makin bertambah.”

Admin yang sekarang kuliah di FKIP ini mengatakan “MCU tidak memiliki sekretariat khusus. Pembuatan Meme Momic (MC) bisa dimana aja, asalkan ada laptop dan terkoneksi dengan internet,” jelasnya kemudian.

Komunitas yang anggotanya dirahasiakan ini berbeda dengan organisasi formal seperti UKM dan BEM. Mereka tidak memiliki keterikatan dengan rektorat seperti UKM Unsyiah lainnya.

”Walaupun kami tidak mempunyai keterkaitan dengan Rektorat, namun kalau masalah mengambil nama Unsyiah itu tidak begitu dipermasalahkan, karena memang MCU ini bersifat komunitas,” sambung Admin S.

MCU memprioritaskan informasi yang berkaitan dengan Unsyiah, baik itu perkuliahan, lingkungan, dan kebijakan.” Tentunya MCU akan menjaga nama baik Unsyiah dan kami   fokus untuk membuat meme yang berkaitan dengan Unsyiah,” tandasnya.

Komik  hasil adopsi komik dunia ini bertujuan untuk menghibur mahasiswa unsyiah sekaligus mengkritik kebijakan dan realita kampus dalam bentuk komik. ”Untuk tahap awal ini, kita perkenalkan meme comic ke 23 ribu mahasiswa Unsyiah, harapan ke depannya semua mahasiswa unsyiah tahu akan adanya fanspage meme comic ini  menikmati karya-karya kami.”[]

Comments

comments