online casino

Pustaka Unsyiah

Breaking News

Djarum Beasiswa Plus Membekali Generasi dengan Soft Skills
(Ilustrasi)

Djarum Beasiswa Plus Membekali Generasi dengan Soft Skills


(Ilustrasi)

Banda Aceh - Pendidikan merupakan faktor utama untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan memajukan bangsa. Hal itu disadari betul oleh Djarum Foundation. Karena itu, sejak 1984 yayasan yang bergerak di berbagai bidang tersebut melaksanakan program Djarum Beasiswa Plus. Progam ini secara konsisten berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi.

Para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) mendapatkan berbagai macam bantuan. Selain beasiswa pendidikan selama satu tahun, mereka juga mendapat pelatihan soft skills dan pengembangan diri. Pelatihan itulah yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lainnya.

”Melalui program Djarum Beasiswa Plus, kami berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa S-1 berprestasi tinggi,” papar Primadi H. Serad, Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation. ”Berbagai pelatihan soft skills ini penting untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan. Serta bisa menjadi pemimpin yang cakap secara intelektual dan emosional,” imbuhnya.

Pelatihan itu, lanjut Primadi, meliputi beberapa aspek. Antara lain Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, Community Empowerment, International Exposure, hingga Networking Opportunities. Competition challenges sendiri ada beberapa macam, yakni Debate Competition, Writing Competition, dan Blog Competition.

Program Nation Building menjadi salah satu aspek penting yang harus ditanamkan sejak awal sebagai fondasi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme para Beswan Djarum. Di samping itu, juga untuk menguatkan wawasan kebangsaan mereka tentang makna dan hakekat bangsa untuk membangun rasa kepercayaan diri. Program ini dipadati dengan serangkaian kegiatan seperti talk show, diskusi kebangsaan, serta cultural visit. Saat penutupan, digelar pergelaran seni yang melibatkan para Beswan Djarum secara masif.
Tahap selanjutnya adalah Character Building. Pelatihan ini bertujuan menempa karakter Beswan Djarum agar menjadi pribadi yang lebih baik. Pelatihan diberikan di alam terbuka dengan berbagai macam konsep kegiatan yang menuntut disiplin tinggi dan menantang perubahan diri.

Para Beswan juga diharapkan mampu menjadi pemimpin yang unggul di masa depan. Kemampuan memimpin digembleng melalui soft skill Leadership Development. Di sini, mereka dilatih menjadi pemimpin besar dengan kemampuan lebih tanpa harus menduplikatkan diri pada sosok tertentu.
Generasi masa depan juga membutuhkan generasi yang kompetitif . Hal itu diwadahi dalam pelatihan Competition Challenges. Pada Debate Competition, mereka harus menggali pengetahuan dan berlatih menyampaikan ide dengan benar, serta mempertahankan pendapat namun juga harus belajar menghargai pendapat orang lain.

Bentuk pelatihan kompetisi lainnya adalah Writing Competition, yang menekankan sisi intelektual untuk menuangkan gagasan cemerlang sebagai suatu solusi yang ditawarkan dalam merespon fenomena yang muncul di negeri ini.

Kemudian Blog Competition hadir sebagai wahana untuk mengekspresikan kemampuan Beswan Djarum beserta alumni untuk mengomunikasikan ide dan pemikiran mereka melalui media digital. Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk mengharumkan nama bangsa di berbagai kompetisi dan kegiatan tingkat dunia, yakni melalui International Exposure.

Program Community Empowerment, menjadi salah satu wadah bagi Beswan Djarum untuk mendedikasikan diri kepada masyarakat. Mereka melibatkan diri secara langsung dan melakukan aksi nyata membantu memberikan jalan keluar untuk suatu permasalahan sosial ekonomi di lingkungan mereka berada.
Networking Opportunities merupakan kekuatan bagi para Beswan Djarum. Sebanyak 6.786 alumni dari 84 perguruan tinggi di 24 provinsi adalah aset berharga bagi Indonesia, terlebih dengan ikatan emosional luar biasa dari sekian banyak orang di seluruh penjuru nusantara tentu menjadi hal yang tidak dapat diukur dengan materi.

Djarum Beasiswa Plus terus membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin menjadi Beswan Djarum. Syarat untuk dapat mengikuti program ini antara lain, merupakan mahasiswa dari semua program studi dengan IPK diatas 3.00 pada akhir semester empat di salah satu dari 77 perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan program Djarum Beasiswa Plus, aktif berorganisasi, serta membuat tulisan singkat, mengikuti rangkaian tes wawancara, dan psikotes.[]

Sumber: kampus.okezone.com

happy wheels 2

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Latest Tweets

    Message: Invalid or expired token, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.