Beranda Artikel 6 Makanan Ini Bisa Sehatkan Mata

6 Makanan Ini Bisa Sehatkan Mata

BERBAGI

Artikel | DETaK

Kesehatan – Mata merupakan salah satu indra paling penting yang diberikan Maha Kuasa untuk kita. Oleh sebab itu kesehatan mata patut dijaga agar bisa digunakan dengan maksimal. Kesehatan mata dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah konsumsi makanan tertentu.

Tak hanya wortel, ternyata ada beberapa makanan yang baik untuk organ penglihatan tersebut dan memang patut untuk dicoba. Ada yang bermanfaat untuk menjaga penglihatan tetap baik, mencegah mata kering, hingga katarak. Berikut 6 makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti dikutip dari Boldsky.

  1. Sayuran hijau
Iklan Souvenir DETaK

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan bentuk antioksidan yang mampu mengurangi katarak. Sayuran hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata.

  1. Telur

Mungkin tak pernah terbayangkan oleh Anda bahwa telur juga baik untuk kesehatan mata. Namun demikianlah faktanya. Telur kaya akan lutein, zeaxanthin, dan seng. Kandungan tersebut dalam mengurangi degenerasi makula dan katarak.

  1. Jagung

Anda mungkin juga bertanya-tanya mengapa jagung masuk dalam kategori makanan yang menyehatkan mata. Perlu diketahui, ketika jagung dimasak dalam waktu cukup lama, dapat meningkatkan jumlah lutein antioksidan dan itu sangat baik untuk mata.

  1. Kismis Hitam

Kismis hitam mengandung banyak anthocyanin yang merupakan antioksidan. Kandungannya juga memiliki sifat anti inflamasi. Pakailah minyak kismis hitam dalam memasak untuk meningkatkan kesehatan mata Anda.

5. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C ini merupaka makanan terbaik untuk mata Anda. Vitamin C membantu meningkatkan kesehatan jaringan mata sehingga menjaganya tetap sehat.

6. Almond 

Almond merupakan makanan yang kaya akan vitamin E. Konsumsi almond dapat memperlambat degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan penyakit mata seiring bertambahnya usia seseorang. Penyakit serius pada retina mata ini membuat penglihatan kabur atau kurang jelas.

Jadi, bagi kamu yang ingin mata lebih sehat, makanlah jenis makanan seperti yang ada di atas. Hal itu dapat membantu kamu menjaga mata agar tetap sehat. Sehingga memakai kaca mata di usia muda pun dapat dihindari.[fj]

Sumber: KOMPAS