Beranda Artikel Benarkah Tinnitus Tak Ada Obatnya?

Benarkah Tinnitus Tak Ada Obatnya?

BERBAGI
(Foto: Ist)

Artikel | DETaK

Kali ini kita akan membahas seputar ombak laut yang ternyata dapat mengobati Tinnitus. Sebelum kamu mengetahui apa itu Tinnitus, penulis mau bertanya dulu nih, pernahkah kamu mengalami telinga berdengung, seperti ada yang mengusik-usik di dalam telinga atau merasa seperti berdesir? Nah, dari pertanyaan ini kamu pasti sudah tahu apa itu Tinnitus. Ya! Benar sekali! Tinnitus atau telinga berdengung adalah sebuah kondisi ketika kamu mendengar suara dengungan di dalam telinga kamu. Istilah ini biasanya digunakan di dunia kedokteran. Tinnitus adalah salah satu masalah paling umum dari sistem pendengaran. Sekitar 10% dari populasi di dunia yang menderita Tinnitus, seringkali tidak berdaya, bahkan tugas biasa pun menjadi tidak mungkin untuk dilakukan.

Biasanya Tinnitus disebabkan oleh beberapa faktor seperti kandungan dari makanan dan minuman yang sering kita konsumsi berlebihan seperti memiliki tingkat Natrium yang tinggi, berkafein tinggi, mengandung alkohol dan bersoda. Selain itu, kebiasaan merokok, sering terpapar sinar matahari, sering mendengar suara yang terlalu keras, tidak menjaga kebersihan telinga, dan gangguan pembuluh darah juga dapat menyebabkan Tinnitus.

Beberapa orang percaya bahwa Tinnitus akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati. Mengalami Tinnitus tidak hanya membuat orang merasa tidak nyaman dan terhambat dalam melakukan aktivitas, namun juga memicu terjadinya stres karena Tinnitus dapat muncul dalam durasi yang lama. Tinnitus dapat lebih terasa mengganggu ketika lingkungan sekitar hening. Nah, Tinnitus memang dapat menghilang dengan sendirinya ketika penderita masih mengalami penyakit Tinnitus ringan, namun penyakit ini juga dapat menjadi salah satu penyakit yang sangat susah disembuhkan. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan menjauhi hal-hal yang dapat memicu terjadinya Tinnitus seperti yang telah disebutkan di atas, kemudian alternatif lainnya ialah dengan cara mengalihkan perhatian kamu terhadap suara Tinnitus dengan mendengarkan musik, mendengarkan radio, menyalakan kipas angin dan mendengarkan suara ombak laut. Mendengarkan suara-suara ini dipercaya dapat menghilangkan Tinnitus yang sedang kita rasakan.

Mengobati penyakit dengan cara yang mudah dan murah adalah pilihan semua orang, tak hanya itu alternatif pengobatan seperti mendengarkan ombak laut adalah hal yang menyenangkan karena pada saat mendengar suara ombak, tubuh dan otak akan menjadi lebih rileks dan tenang, terlebih sembari memejamkan mata.

Hal ini didukung pula oleh para ilmuwan dari Universitas Maastricht di Belanda yang menggabungkan kedua pendekatannya yaitu terapi wicara dan mendengarkan suara ombak untuk mengobati penderita Tinnitus ringan ataupun berat. Penelitian terhadap 492 orang pasien yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet menemukan bahwa pasien yang diobati dengan kedua teknik di atas mengalami peningkatan kualitas hidup setelah 1 tahun. Penelitian ini memberikan bukti kuat bahwa pengobatan baru ini efektif bagi penderita Tinnitus.

“Banyak pasien yang kemudian mengalami stres psikologi akibat penyakit ini sehingga menjadi perhatian para ilmuan untuk mencari tahu alternatif yang sangat mudah dan gampang dilakukan untuk membantu penderita Tinnitus di mana teknik ini sangat relevan untuk praktik klinis karena strategi pengobatan Tinnitus sampai saat ini belum ditemukan, kurang terintegrasi dan mahal,” kata peneliti, Dr. Riana Cima seperti dilansir Daily Mail dalam Choliknf, (2012).

Menurut Dr. Berthold Langguth dari Universitas Regensburg di Jerman yang juga banyak menangani pasien Tinnitus, temuan ini menangkis anggapan bahwa tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengobati Tinnitus.[]

Penulis bernama Thayba AR. Ia merupakan mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Editor: Herry Anugerah